Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Dasar Sistem Jaringan Komputer Bagian 1

1. Definisi Jaringan

Jaringan komputer merupakan sebuah hubungan antara 2 buah atau lebih pada komputer yang saling berhubungan. Sebuah komputer juga bisa disebut jaringan komputer jika komputer tersebut terhubung dengan printer, dan jika komputer anda menggunakan modem dan mengakses internet dengan komputer tersebut komputer anda juga sudah terhubung dengan jaringan, atau dengan kata lain komputer anda terhubung jaringan luas yaitu WAN (Wide Area Network).

Jika komputer anda hanya terhubung dengan 2 komputer dengan satu printer, maka komputer anda bisa disebut dengan LAN (Local Area Network).

2. Topologi Jaringan

Berdasarkan dari topologi jaringan komputer, jaringan komputer dapat dibagi dalam beberapa kategori yaitu :

Topologi Jaringan
Topologi Jaringan

 
  • Topologi Bus
  • Topologi Star
  • Topologi Mesh
  • Topologi Tree
  •  Topologi Ring
  • Topologi Linier
  • Topologi Fully Connected

3. Manfaat Jaringan

Manfaat dari jaringan komputer yaitu mempermudahkan kita untuk bisa saling berbagi data, file, printer, harddisk, berkomunikasi dengan periperal lainnya. Semuanya dapat kita sharing tanpa adanya hambatan dan dengan adanya jaringan komputer sangat mempersingkat dan mempermudah pekerjaan kita. 

4. Kerugian Jaringan

Dengan adanya jaringan komputer sebenarnya ada sedikit kerugiannya yaitu masalah keamanan (security), jika ada satu komputer terserang virus, worm, malware, dll, maka komputer yang terhubung dengannya juga akan terkena dampaknya. Dan satu hal lagi yaitu jika kita mempunyai file pribadi maka dengan mudahnya komputer yang terhubung dengannya akan lebih mudah mengaksesnya, kecuali Anda telah memberikan permission yang komputer lain tidak bisa akses, hanya komputer pengguna tersebut yang bisa akses.

5. Jenis-jenis Jaringan Komputer

Seperti pada pembahasan diatas jenis-jenis jaringan komputer dibagi menjadi beberapa cakupan areanya yaitu jenis LAN, MAN, WAN dan Internet.

5.1. Local Area Network (LAN)


 

Jaringan Local Area Network (LAN) merupakan jaringan yang cukup populer karena jaringan jenis ini jaringan yang kecil, 2 komputer saja yang saling terhubung bisa disebut dengan LAN. Biasanya jaringan LAN banyak digunakan oleh Warnet, kantor, kampus, sekolah, rumah, gedung dan sebagainya.

5.2. Metropolitan Area Network (MAN)

 
Metropolitan Area Network (MAN)

 Jaringan Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan dalam satu kota, jaringan MAN ini meliputi transfer data berkecepatan tinggi antar kota, kampus, kantor cabang, gedung dengan gedung dan lain sebagainya. Jaringan MAN ini merupakan gabungan dari jaringan LAN yang hanya satu gedung atau satu lokasi.

5.3. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN)

 

Jaringan Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan yang cukup besar karena jaringan jenis ini menggunakan beberapa router yang terhubung antara satu dengan yang lainnya, dan jika anda menggunakan modem untuk koneksi internet maka anda sudah bisa dikatakan sebagai jaringan WAN. Jenis jaringan WAN ini meliputi koneksi antar wilayah kota, provinsi, bahkan dunia.

5.4. Internet

 

Internet yang merupakan gabungan dari LAN, MAN, dan WAN, adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan alamat unik yang biasa disebut dengan alamat Internet Protocol (IP).

Posting Komentar untuk "Konsep Dasar Sistem Jaringan Komputer Bagian 1"