Cara Memperbaiki Kursor Mouse Error Setelah Update VirtualBox 6.0

Ceritanya ane adalah pengguna full linux ubuntu gan, jadi ga pake duall boot. Otomatis ketika ane pengen nyobain fitur windows ane harus install dulu melalui virtual machine, salah satunya yaitu VirtualBox.

Selama ini ane pakai windows di virtualbox versi 5.0, lancar-lancar jaya. Namun setelah ane upgrade versi ubuntu ane ke versi 19.04 dan virtualboxnya menjadi versi 6.0, dari situ masalah mulai terjadi.

Masalah tersebut sebenernya agak sepele. Yaitu kursor mouse yang tidak bisa berfungsi sempurna layaknya mouse pada umumnya.

Ketika kursor diarahin ke windows yang ada di virtualbox, kursornya jadi kacau. Ane arahin kemana kursornya pergi kemana, ane klik dimana yang ke klik juga dimana.

Tadinya ane sempat kepikiran untuk downgrade ke virtualbox versi 5.0, namun niat itu ga terjadi setelah ane nemuin solusinya.

Solusinya ternyata cukup mudah, kita hanya perlu mengatur Graphics Controller nya menjadi VMSVGA

Pertama shutdown dahulu OS yang ada di virtualboxnya atau bisa klik Discard. seteleh itu klik menu Settings yang ada di sebelah kanan, lalu klik menu Display dan rubah Graphic Controller menjadi VMSVGA.


Setelah itu silahkan klik start OS virtual agan

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kursor Mouse Error Setelah Update VirtualBox 6.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel