Bagaimana Mengatasi Anak Malas Belajar? Ini Dia Tips dan Triknya

Betapa pentingnya didikan orang tua bagi anaknya, sebab sifat seorang anak sangat berpengaruh terhadap apa yang diajarkan oleh orang tua. Apabila orang tua mempengaruhi sifat yang kurang baik maka sedari kecil anak tersebut akan mengikuti sifat tersebut dan sebaliknya jika dari kecil sudah diajarkan yang baik maka akan menerus sampai dia dewasa.

Nah semakin canggih teknologi jaman sekarang, banyak anak – anak yang sudah berpengaruh dengan gadget. Memang ada sisi positif dan pasti ana sisi negativenya juga, apabila seorang anak terlalu banyak memakan waktu untuk memainkan gadget cenderung anak tersebut akan lupa waktu kapan dia harus belajar, bersekolah, bermain dengan teman mungkin.

Jadilah orang tua yang cerdas, jangan biarkan anak untuk bermain gadget seharian. Beritahu kepada sang anak kapan waktu dia bermain gadget, nonton tv, bermain dengan teman, dan belajar. Memang belajar bukan hal yang menyenangkan bagi mereka.Akan tetapi belajar merupakan sesuatu hal yang penting untuk masa depan mereka.

Lalu, tindakan apa yang harus dilakukan dalam masalah tersebut? Berikut beberapa tips buat anda :






1. Lakukan Pendampingan

Ketika anak sedang malas belajar, ajaklah dia dan damping dia saat belajar. Bisa jadi anak tersebut malas belajar sendiri dan butuh teman untuk bertanya apa yang dia tidak tahu. Dan meraka akan merasa diperhatikan saat didampingi sehingga dia akan semakin semangat untuk belajar. Selain itu anda juga harus sabar supaya anak tidak bosan.

2. Jaga Emosi

Janganlah memarahi anak ketika mengalami kesulitan atau bertanya kepada anda. Akibatnya sang anak akan merasa malas untuk belajar, jadi bantulah semaksimal mungkin ketika anak mengalami kesulitan dalam belajar, bukan memarahinya.

3. Belajar Sebelum Tidur

Tindakan ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi anak maupun orang tua, sebab jarang sekali orang tua menyuruh anaknya belajar disiang hari melainkan saaat malam hari sebelum tidur. Dan pada siang hari anak dibiarkan bermain full sampai sore.Anda bisa mengajak anak – anak berlatih menghitung, membaca karena memorinya yang mudah merekam dan mengingat apa yang telah dia pelajari.Dan orang tua bisa menanyakan kembali keesokannya , apakah dia masih ingat atau tidak pembelajaran saat malam.

4. Jam Belajar yang Tidak Berlebihan

Orang tua kerap kali menyuruh anaknya untuk belajar dalam waktu yang cukup lama, akan tetapi tindakan tersebut tidaklah tepat. Sebab belajar terlalu lama akan membuat memory otak cepat lelah dan sulit menangkap apa yang dia pelajari.

5. Memberi Tahu Manfaat Belajar

Apabila anak anda memiliki sifat malas belajar , anda dapat menjelaskan apa manfaat belajar bagi mereka. Apabila mereka sudah tau betul apa manfaat dari belajar , maka akan membuat mereka semakin semangat dan gesit untuk belajar. Bahkan tanpa disuruhpun mereka akan belajar.Sehingga berhasil mencapai tujuan yang diinginkan.


Nah bagi orang tua jangan terlalu cepat memarahi sang anak ketika malas belajar. Tanyakan apa penyebabnya sehingga orang tua akan tau dan masalah tersebut bisa diatasi.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Mengatasi Anak Malas Belajar? Ini Dia Tips dan Triknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel