Inilah Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Jahe (Zingiber Officinale) merupakan tanaman herbal yang sudah dipercaya oleh masyarakat, sebab jahe memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh seperti mual, batuk, nyeri otot hingga penanganan kanker.

Perlu anda ketahui bahwa jahe memiliki senyawa kimia yang dapat menimbulkan efek positif pada lambung dan usus. Akan tetapi tidak hanya itu saja, senyawa tersebut juga bisa meredam rasa mual dengan cara memberikan efek pada otak dan sistem saraf.





Berikut manfaat jahe bagi kesehatan:

1. Meredekan Perut Kembung

Bagi anda yang sedang mengalami perut kembung jangan bingung untuk mengobatinya, karena ada obat tradisional yang sangat manjur untuk mengatasi perut kembung anda. Bahan yang anda butuhkan yaitu jahe, jahe sangat bagus untuk mengobati perut anda yang sedang kembung dan nyeri. Anda bisa membuat ramuan jahe dengan sangat mudah, cukup merebus air yang dicampur dengan jahe, dan minum selagi masih hangat.

2. Melancarkan Pencernaan

Jahe juga memiliki fungsi sebagai obat untuk melancarkan pencernaan. Kandungan phenolic yang terdapat pada jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, mencegah kontraksi pada perut , membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan..

3. Mengatasi Gangguan Pernafasan

Gangguan pernafasan sering kali terjadi pada seseorang yang sedang menderita batuk atau pilek. Jahe termasuk jenis ekspetoran alami yang berfungsi dalam melegakan sistem pernafasan, sehingga lebih mudah mengeluarkan dahak dan memulihkan pernafasan seperti sedia kala.

4. Menghangatkan Tubuh

Sifat hangat yang terdapat pada jahe, ternyata bisa membantu meningkatkan suhu tubuh anda. Jahe sering dihidangkan dalam bentuk minuman, seperti wedang jahe. Wedang jahe sudah menjadi konsumsi wajib bagi seseorang yang bertempat tinggal di pegunungan, dinginnya udara di pegunungan membuat lebih nikmat untuk menyantap wedang jahe. Selain itu jahe juga memiliki anti virus dan anti racun, sehingga membantu anda yang sedang tidak enak badan.

Selain untuk kesehatan, jahe juga sering digunakan sebagai bumbu masakan. Terutama untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan daging.


Itulah beberapa manfaat jahe yang harus anda coba, semoga artikel ini bermanfaat J

0 Response to "Inilah Manfaat Jahe Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel