5 Tips Mendidik Anak Supaya Tidak Manja Dan Mandiri Sejak Dini

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya supaya tumbuh dengan sehat dan bisa berguna untuk masa depan mereka, akan tetapi tidak semua sifat seorang anak sama. Tidak sedikit anak yang susah diatur oleh orang tuanya, sebenarnya sifat seorang anak tergantung bagaimana orang tua mendididik seorang anak dengan benar, teliti dan bertanggung jawab.

5 Tips Mendidik Anak Supaya Tidak Manja Dan Mandiri Sejak Dini
5 Tips Mendidik Anak Supaya Tidak Manja Dan Mandiri Sejak Dini


Mendidik anak sejak dini sangatlah penting, sebab tidak selamanya anak tergantung kepada orang tua, apabila mereka sudah tidak memiliki orang tua maka mereka akan bingung bagaimana dia mengatur kehidupan mereka.

Memberikan tanggung jawab kepada seorang anak memang harus dilatih sejak kecil, supaya mereka tidak memiliki sifat yang manja dan bisa mandiri. Sebagai orang tua yang baik, sangat dianjurkan untuk tidak memarahi seorang anak apabila dia melakukan kesalahan walaupun terkadang membuat emosi tetapi jangan pernah memarahi seorang anak, apalagi sampai memukul. Hal tersebut akan berdampak negative pada sang anak.


Apabila masih bingung, anda bisa menerapkan dengan tips dibawah ini :

1. Membiasakan sang anak membantu pekerjaan ibu

Hal ini sangat bagus untuk mendorong sang anak menciptakan jiwa sosial dan membantu orang lain. Misalnya mencuci piring,menyapu rumah, dan meminta ia membantu adiknya merapikan kamar tidur karena adiknya belum tahu, bagaimana cara merapikan tempat tidur dengan benar. Dengan melakukan hal tersebut akan membuat sang anak memiliki inisiatif dan tanggung jawab sang anak bisa terasah,tumbuh jiwa berkorban dan mempunyai keinginan untuk menolong serta membantu orang lain.

2. Memberi kebebasan dan kepercayaan

Memberi kebebasan, artinya seorang anak bisa mengambil keputusan sendiri dan mampu menyelesaikan masalah. Dengan begitu maka sang anak akan menyelesaikan permasalahannya dengan percaya diri, apabila sang anak mengalami kesulitan alangkah baiknya jangan diberi pertolongan, karena akan membuat sang anak menyerah dan ketergantungan dengan orang lain. Maka dari itu jangan sampai dikasih pertolongan, supaya sang anak bisa berinisiatif untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.

3. Mengajarkan cara menjaga dan merawat barang

Merawat barang juga sangat berpengaruh untuk mendidik sang anak, dengan menyuruh menjaga dan merawat barang akan membuatnya lebih bertanggung jawab. Misalnya menyuruh untuk merapikan mainannya setelah bermain, hal ini akan menghasilkan sifat yang biasa ia lakukan.

4. Mengajarkan mandi dan berpakaian sendiri

Anak juga perlu dilatih untuk mandi sendiri, misalnya anda bisa memberitahu bagaimana cara menggosok badan dengan sabun, menyiram badan, menggosok rambut saat keramas , gosok gigi dan tentunya ajarkan cara melilitkan handuk pada badan setelah mandi selesai.

Mungkin bagi anak yang baru belajar memakai baju sendiri masih mengalami kesulitan untuk memakainya, maka dari itu harus dilatih setiap hari untuk mengenakan pakaian sendiri. Berilah penjelasan yang singkat kepada sang anak sehingga mudah dipahami, lalu perhatikan saat ia mempraktekannya. Anda bisa memberi sedikit bantuan apabila sang anak mengalami kesulitan saat melakukannya sendiri. Mulailah mengajarkan untuk memakai baju terlebih dahulu kemudian celana.

Dan jangan lupa untuk memberikan pujian terhadap usahanya.

5. Mengajarkan anak untuk berterimakasih dan meminta maaf

Kata – kata terimakasih dan maaf merupakan komponen yang sangat penting dalam bersosial. Misalnya ibu memberikan mainan kepada sang anak, maka ajarilah untuk mengucapkan terimakasih karena sudah diberikan mainan. Dan apabila ia melakukan kesalahan suruhlah ia untuk meminta maaf. Hal ini akan membuat anak terbiasa untuk mengatakan terimakasih dan maaf kepada orang lain.

Nah, tadi merupakan cara untuk mendidik anak supaya tidak manja dan mandiri. Cara tersebut sangatlah bermanfaat bagi sang anak, supaya tidak selalu ketergantungan terhadap orang tua. Akan tetapi lebih mendidik anak untuk masa depan supaya menjadi pribadi yang baik dan mandiri.

Sebagai orang tua yang pintar, latihlah kemandirian anak sejak dini sebab hal tersebut akan berdampak pada saat ia dewasa nanti.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Mendidik Anak Supaya Tidak Manja Dan Mandiri Sejak Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel