7 Cara Mengatur Gaji Bulanan, Biar Gak Sengsara Di Akhir Bulan

Untuk sebagian orang memang sangat sulit untuk mengatur gaji bulanan kita setiap bulannya, apalagi bagi orang yang suka berbelanja dan bersenang-senang tanpa mengingat pengeluaran yang ditanggungnya.

Bagi anda mungkin sering mengalami kehabisan uang sebelum pertengahan bulan, hal tersebut terjadi karena anda tidak mengelola gaji anda dengan baik .

Jika anda masih bingung, bagaimana cara mengatur gaji anda, ada beberapa tips yang bisa membantu anda mengelola keuangan supaya tercukupi setiap bulan :

Berikut 7 Cara Mengatur Gaji Bulanan, Agar Tidak Sengsara Ketika Tanggal Tua

Cara Mengatur Gaji Bulanan
7 Cara Mengatur Gaji Bulanan, Biar Gak Sengsara Di Akhir Bulan (pixabay)

1. Membuat Anggaran Bulanan

Membuat anggaran sangat penting dalam pengelolaan keuangan, sebab kita bisa mengetahui pengeluaran untuk kebutuhan yang sangat penting dan tidak terlalu penting.
Buatlah anggaran bulanan anda anda, anda bisa memulai denagn membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian.

  • Kebutuhan primer misalnya ongkos bekerja, makan, tagihan listrik, cicilan, motor, cicilan rumah dan lain sebagainya.
  • Kebutuhan tersier diperlukan untuk tujuan refreshing dan relaxasi diri. Misalnya traveling, liburan ke pantai bareng teman, dll.


2. Menyisihkan Untuk Tabungan

Menabung memiliki peran yan sangat penting supaya anda tidak boros dan bisa membagi uang gaji anda. Memiliki tabungan bisa membuat anda lebih irit dan ingat akan pengeluaran yang yang tidak terlalu penting.

Sisihkanlah selalu uang untuk ditabung supaya uang anda tidak habis begitu saja dan  mempunyai simpanan uang yang sewaktu waktu kita bisa ambil jika anda membutuhkan uang secara mendadak.


3. Cobalah Untuk Berinvestasi

Selain menabung, anda juga perlu yang namanya investasi. Mungkin sisa dari gaji anda masih ada kelebihan dana. Sebaiknya dana tersebut anda gunakan untuk investasi seperti dengan mengikuti reksa dana, asuransi, ataupun membeli emas dan perhiasan yang memiliki nilai jual tinggi.

Hal tersebut berbeda dengan menabung, jika menabung mungkin uang anda bisa diambil setiap saaat anda membutuhkannya berbeda dengan investasi. Jika investasi uang yang anda simpan dalam bentuk lain dan tidak bisa anda ambil kapanpun sesuai keinginan anda. Cara ini tidak hanya membuat uang anda diam akan tetapi akan menguntukngkan anda di masa depan.


4. Membuat Laporan Keuangan Harian

Untuk mengatahui pengeluaran keuangan, anda harus benar-benar mengetahui berapa jumlah uang yang dikeluarkan setiap harinya. Anda bisa menyimpan struk belanja yang anda dapatkan setiap berbelanja dan catatlah semua pengeluaran keuangan anda setiap hari.

Cara seperti ini sangat membantu anda untuk mengetahui kemana saja uang yang anda gunakan selama ini dan membantu menganalisa barang apa saja yang munkin tidak harus anda beli untuk bulan yang akan datang.


5. Memiliki Dua Kartu Debit atau Lebih

Untuk meminimalisir pengeluaran keuangan anda perlu memiliki 2 rekening bank yang berbeda. Anda bisa membagi uang dalam dua kartu, gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari hari seperti menerima gaji, belanja dan membayar tagihan. Dan untuk rekening yang lain bisa anda gunakan untuk menabung.

Untuk mengurangi jumlah pengeluaran keuangan buatlah jumlah minimal berapa banyak yang harus anda tabung dari gaji bulanan anda. Lakukan hal tersebut setiap bulannya.


6. Bijak Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Apabila memilii kartu kredit biasanya akan membuat anda menjadi boros jika salah dalam menggunakan kartu kredit, akan tetapi jika anda benar menggunakan kartu kredit maka akan baik pula kondisi keuangan anda.

Menggunakan kartu kredit misalnya untuk membayar tagihan dan membeli barang-barang diskon  yang khusus menggunakan kartu kredit. Akan tetapi jangan sampai lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit anda ketika tagihan kartu kredit diterima.


7. Bayar Tagihan dan Hutang

Membayar tagihan merupakan hal yang sangat dipikirkan ketika sudah gajian, ada baiknya jika anda mendapatkan gaji untuk membayar semua tagihan yang harus dibayarnya, diimulai dari tagihan listrik, telepon dan lain sebagainya.

Hal tersebut bertujuan supaya tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari anda dan membuat anda tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel