Cara Memperbanyak ASI Agar ASI Mudah Keluar


Mempunyai seorang anak merupakan setiap dambaan semua orang setelah menikah. Namun setelah melahirkan seorang anak, seorang ibu mungkin akan bertanya-tanya,

"Bagaimana Cara Memperbanyak ASI Agar ASI Mudah Keluar?".

"Dan kapan harus memberikan ASI pada sang anak?".

Pertanyaan tersebut mungkin sering terdengar dalam kehidupan sehari-hari, apalagi bagi seorang wanita yang baru pertama menjadi seorang ibu dan baru melahirkan pertama kalinya. Tak jarang hal ini membuat seorang ibu menjadi khawatir, karena takut nutrisi sang buah hati tidak terpenuhi.

Cara Memperbanyak ASI Agar ASI Mudah Keluar
Cara Memperbanyak ASI Agar ASI Mudah Keluar

Mengerti dan mengetahui bagaimana sebenarnya cara ASI diproduksi dan cara ASI dikeluarkan, akan membuat kita lebih tenang dan percaya diri.

Seorang ibu yang baru melahirkan pasti akan mengalami masalah produksi ASI yang tidak lancar. ASI yang lancar ternyata sangat berpengaruh terhadap makanan yang dikonsumsi. Banyak dari seorang ibu yang mengalami depresi akibat ASI yang dikeluarkan tidak sesuai yang diharapkan.

Akan tetapi bagi seorang ibu jangan khawatir lagi karena ada beberapa cara yang perlu dilakukan supaya ASI yang keluar, sehingga ASI akan tercukupi.

Berikut Cara Memperbanyak ASI Agar ASI Mudah Keluar:


1. Memijat Payudara

Memijat payudara ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk melancarkan reproduksi ASI, khususnya bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan dan sedang dalam masa menyusui. 

Caranya cukup mudah, lakukan pemijatan payudara secara rutin. Alangkah baiknya dilakukan setiap malam setelah menyusui sang bayi. Dengan melakukan pemijatan pada payudara, maka aliran air susu akan lebih lancar.


2. Menyusui Bergantian

Menyusui secara bergantian artinya menyusui tidak hanya pada bagian kanan saja, akan tetapi harus bergantian dengan payudara bagian kiri. Tujuannya supaya ASI yang diproduksi selalu penuh dan bisa diminum oleh sang bayi tanpa khawatir tidak keluar.

Anda harus menentukan waktu dimana harus bergantian menyusui sang bayi. Misalnya memberi jeda 5 menit dengan payudara bagian kanan lalu bergantian payudara sebelah kiri 5 menit.


3. Memenuhi kebutuhan nutrisi dan rutin meminum air putih

Bagi seorang ibu yang sedang menyusui sangat disarankan rajin meminum air putih yang cukup, karena seorang ibu yang menyusui sangat mudah terkena dehidrasi apabila kekurangan air putih. 

Selain air putih, kebutuhan nutrisi juga harus diperhatikan dan tercukupi. Pilihlah jenis makanan yang bisa membuat produksi ASI. Salah satu contohnya adalah jinten hitam, biji wijen hitam, daun kemangi, sayuran hijau, buah labu, kacang-kacangan, daun katu, pare dan minyak zaitun.


4. Hindari stress

Stress tidak hanya bisa membuat kesehatan seseorang menurun, tapi stress juga bisa menghambat proses reproduksi ASI. Tenangkan jiwa dan pikiran, bawalah dengan rileks dan rasa bersyukur. Dengan begitu, kesehatan jiwa dan raga akan stabil dan air susu ibu akan mereproduksi dengan lancar.


5. Mandi dan Mengompres Payudara Dengan Air Hangat

Ternyata mandi dengan air hangat juga merupakan salah satu alternatif untuk memproduksi ASI yang banyak dan cepat. Karena selain membuat tubuh menjadi rilex, mandi dengan air hangat juga mampu melancarkan produksi ASI menjadi lebih lancar.

Tidak hanya mandi saja, mengompres payudara dengan air hangat juga bisa melancarkan produksi ASI pada sang ibu. Untuk ibu-ibu yang memproduksi ASI dengan jumlah yang sedikit sangat dianjurkan untuk mencoba cara ini karena sudah terbukti sangat ampuh. 

Hal ini disebabkan air hangat lebih mudah merangsang ASI lebih cepat dan melancarkan keluarnya. 


6. Hindari Rokok dan Alkohol

Jauhkan ibu dan sang bayi dari asap rokok dan alkohol yang sering kita temui sehari-hari. Asap rokok dan alkohol sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jika tubuh sudah tidak sehat, sudah dipastikan reproduksi ASI akan sedikit berkurang.

0 Response to "Cara Memperbanyak ASI Agar ASI Mudah Keluar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel