Tips Agar Tidak Mabuk Saat Perjalanan

Memang semua orang pasti akan merasa senang apabila akan melakukan perjalanan jauh, bepergian jauh biasanya menggunakan alat transportasi seperti mobil, bus, kereta, pesawat ataupun yang lainnya.

Tetapi apakah Anda termasuk orang yang mempunyai masalah ketika menaiki kendaaran alias mabuk perjalanan?

Tips Agar Tidak Mabuk Saat Perjalanan


Mungkin ada beberapa orang yang mengalami hal seperti ini, sehingga menjadi kendala saat bepergian jauh. Bukannya menikmati indahnya perjalanan, ini malah sibuk dilanda kecemasan mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan biasanya mengakibatkan perut mual, pusing, merasa lelah dan keluar keringat dingin. Jika hal ini terjadi, maka rasanya hanya ingin tidur dan ingin cepat sampai saja agar tidak merasa mual dan pusing.

Mengalami mabuk perjalanan memang suatu hal yang sangat mengganggu, apalagi ketika belum sama bepergian pun kita sudah dilanda kecemasan akan mabuk perjalan.

Namun Kita tidak perlu khawatir, bagi Kita yang sering mengalami mabuk perjalanan di sini ada beberapa tips nih agar terhindar dari yang namanya mabuk perjalan:

Meminum Obat Anti Mabuk


Mungki bagi Anda yang suka mabuk kendaraan pasti tidak lupa untuk minum obat anti mabuk kendaraaan karena merupakan salah satu cara untuk menghindari mabuk saat berkendara. Tetapi Anda juga harus teliti apabila akan mengkonsumsi obat tersebut apakah obat tersebut menyebabkan kantuk atau tidak dan jangan menggunakan obat secara berlebihan.

Duduk di Posisi Paling Depan

Apabila Anda menggunakan kendaraan seperti mobil atau bus ada baiknya Anda duduk di bagian paling depan. Karena orang yang mabuk dalam berkendara bisa terjadi karena adanya tidak kesesuaian antara apa yang dilihat oleh mata dan bagaimana tubuh menginterprestasikan gerak kendaraan. Dan untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya duduklah di kursi paling depan, jadi Anda akan fokus pada jalan yang didepan.

Tidur atau Beristirahat

Tidur merupakan tips yang sangat efektif untuk mencegah mabuk perjalanan dan tidur juga bisa menjadi obat untuk menghindari rasa mabuk dan membuat tubuh menjadi relax. Biasanya banyak orang minum obat yang menyebabkan kantuk sehingga saat dalam perjalanan bisa tidur atau beristirahat, namun apabila anda yang memegang kemudi saat perjalanan sebaiknya tidak mengkonsumsi obat tersebut.

Hindari makan secara berlebihan

Apabila Anda akan melakukan perjalanan sebaiknya konsumsi makanan yang bernutrisi untuk mencegah tubuh merasa lelah, akan tetapi jangan mengkonsumsi makanan terlalu banyak. Karena bisa menyebabkan perut kembung dan besar kemungkinan akan cepat menimbulkan rasa mual dan ingin muntah.

Hindari Asap Rokok

Apabila saat perjalan anda duduk disamping perokok, sebaiknya Anda berganti tempat duduk agar terhindar dari asap rokok tersebut. Asap roko akan menyebabkan suplai oksigen ke dalam tubuh berkurang dan akan mengakibatkan pusing dan rasa mual. Apabila sudah tidak ada tempat duduk yang lain anda bisa membuka kaca jendela mobil supaya terjadi sirkulasi udara menjadi lancar dan tidak menggagu.

Fokus Dengan Suatu Hal Yang Lain

Anda bisa mengalihkan pada hal yang biasanya efektif untuk menghilangkan rasa mabuk anda. Seperti mengobrol dengan orang yang duduk bersebelahan aatau juga bisa mendengarkan music yang anda sukai.

Menggunakan Salonpas

Apakah anda pernah mendengar salonpas bisa menghindari mabuk saat perjalanan?
Dan ternyata Saya sendiri sudah pernah mencobanya, dan cara itu berhasil.

Saat perjalanan saya tidak merasakan mual ataupun pusing. Caranya pun sangat mudah, Anda cukup menempelkan salonpas pada pusar anda, walaupun cara ini belum ada penjelasan yang tepat tentang hal ini, tetapi cara seperti ini cukup ampuh untuk Saya pribadi :D

2 Komentar untuk "Tips Agar Tidak Mabuk Saat Perjalanan"

  1. maubtanya dong mbak, sy sdh bertahun-tahun mabuk terus saat perjalanan. semua cra udh sy lakukan, termasuk cara diatas. tapi ga sembuh juga smpi sekaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika semua cara telah dilakukan, silahkan konsultasi ke dokter terkait .terimakasih

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel