Wajib Tahu, Inilah 5 Bahaya Tidur Setelah Makan

Apakah Anda sering mengantuk dan tertidur setelah selesai makan? 

Jika kebiasaan kita adalah tidur setelah makan, makan mulai saat ini buanglah jauh-jauh kebiasaan tersebut.

Apakah berbahaya jika sehabis makan langsung tidur? 

Jawabanya sangat jelas, yaitu YA. Menurut penelitian dari Tidur setelah makan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, mulai dari berat badan naik hingga yang lebih fatal adalah stroke. Mengerikan sekali bukan?

source: paxabay free image

Berikut 5 bahaya tidur setelah makan:

  • Berat Badan Naik

Berat badan naik mungkin termasuk salah satu hal yang sangat menakutkan bagi kalangan wanita, terutama wanita muda. Karena wanita sangat mementingkan penampilan agar tetap ramping dan ideal, tidak sedikit wanita yang takut makan pada malam hari dikarenakan takut berat badan naik

Hal tersebut memang benar adanya, itu dikarenakan seluruh tubuh kita beristirahat pada malam hari. Bagaimana jadinya jika kita selesai makan lalu kita tidur untuk beristirahat? Jawabannya adalah, bersiap-siaplah berat badan kita naik. hehehe

  • Penyebab Stroke

Stroke merupakan efek yang sangat fatal  jika anda melakukan tidur setelah makan. Kondisi  seperti itu bisa terjadi karena disebabkan oleh refluks asam yang menyebabkan apnea tidur, dan dalam kondisi seperti itulah seseorang bisa terkena penyakit stroke dan sesegera mungkin anda harus menghindari tidur setelah makan.

  • Selalu Merasa Ngantuk

Merasa ngantuk setelah makan pasti sangat banyak dialami oleh semua orang, Saya sendiripun begitu jika sehabis makan biasasnya akan merasa ngantuk yang amat sangat. 

Usut punya usut ternyata rasa kantuk itu datang karena nutrisi yang masuk dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi mengandung glukosa. Seperti dari nasi dan kandungan glukosa dari nasia, yang bisa menghambat kerja dari sel dan neuron yang akan membuat anda ingin tidur tanpa berpikir bahaya tidur setelah makan. 

Dan apabila semakin banyak makan makanan yang mengandung glukosa, maka tidak menutup kemungkinan kita akan merasa tambah ngantuk.

  • Pencernaan Terganggu

Dalam  menunggu pengosongan lambung, manusia biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam setelah makan. Akan tetapi ketika kita tertidur, maka itu akan menghambat proses pengosongan lambung. Dan jika hal ini dilakukan secara terus menerus, itu akan menghambat saluran pencernaan dalam tubuh kita. 

  • Perut Kembung

Kita pasti pernah merasakan lambung terasa kembung dan begah setelah selesai makan dan langsung tidur. Ini dikarenakan di dalam lambung terdapat banyak gas dan angin yang seharusnya dikeluarkan dengan cara beraktifitas. jika gas tersebut tidak segera dikeluarkan, maka akan memicu terjadinya masuk angin dan mual-mual.

Belum ada Komentar untuk "Wajib Tahu, Inilah 5 Bahaya Tidur Setelah Makan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel