5 Tips Membeli Rumah Murah, Aman dan Nyaman

Memiliki rumah yang murah dan berkualitas memang sangat didambakan oleh semua orang. Pastinya kita ingin membeli  rumah bukan hanya sekedar murah saja, tapi juga memilih  rumah yang baik dan berkualitas demi kesejahteraan keluarga dimasa depan.

5 Tips Membeli Rumah Murah dan Berkualitas
source: google gambar (gambar bisa saja memiliki hak cipta)


Berbicara masalah rumah murah dan berkualitas, berikut ada beberapa tips untuk dijadikan bahan pertimbangan ketika ingin membeli rumah. Berikut tipsnya:



Harga Rumah yang Terjangkau



Maksud dari harga rumah yang terjangkau ini adalah harga rumah yang sesuai dengan pengeluaran atau budget kita. Sekiranya pengeluaran pokok sudah cukup dan terpenuhi, carilah rumah yang lebih berpotensi untuk kedepannya. Kita bisa mencari rumah yang murah tapi tidak murahan, seperti rumah yang dijual karena pemiliknya sedang butuh dana cepat. Biasanya harga rumah seperti itu jadi lebih terjangkau harganya, dikarenakan rumah tersebut sengaja dijual di bawah harga pasar yang sesungguhnya.


Carilah Rumah yang Mempunyai Lokasi Strategis


Sebelum kita membeli rumah, alangkah baiknya kita mempertimbangkan lokasi dan posisi rumah tersebut. Karena hal seperti ini akan sangat berpengaruh untuk kehidupan dimasa yang akan datang. Misalnya carilah rumah dengan lokasi dekat dengan jalan raya, karena meskipun rumah kita nanti berada di pinggiran kota tapi jika masih dekat dengan jalan raya, maka rumah itu akan lebih mudah diakses oleh kendaraan umum.

Hal inilah yang bisa kita manfaatkan suatu saat nanti untuk mendirikan usaha dan lain sebagainya. Dan sebaliknya, usahakan memilih rumah jangan yang pinggiran, seperti pinggir sungai, daerah rawan longsor maupun daerah rawan banjir. Jangan buru-buru tergiur oleh harga rumah yang murah karena hal tersebut bisa menimbulkan kerugian yang lebih besar saat terjadi bencana yang tidak diinginkan.

Dan yang paling terpenting juga ialah dengan memilih rumah yang dekat dengan rumah sakit, sekolah dan sarana transportasi.


Status Kepemilikan Rumah yang Jelas


kenalilah status kepemilikan rumah yang ingin kita miliki, apakah rumah tersebut memiliki hak guna bangunan ataukah hak milik pribadi? Pilihlah rumah yang memiliki sertifikat resmi hak milik pribadi, bukan hak guna bangunan. Sehingga tidak akan menimbulkan polemik dan sengketa di kemudian hari. 


Kondisi Bahan Bangunan yang Berkualitas


Ada harga ada rupa, harga gak pernah bohong. Begituah kira-kira para pepatah bisnis mengatakan. Sudah bukan rahasia lagi, jika kita ingin memiliki sebuah barang termasuk ingin memiliki rumah yang berkualitas tentu saja memiliki harga yang relatif sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan kita membeli rumah dengan harga yang murah.

Boleh saja membeli rumah dengan harga murah, tapi perlu diperhatikan dulu kualitas bahan bangunan yang dipakainya. Apakah bisa bertahan sementara atau bertahan hingga puluhan tahun. Misalnya saja untuk genteng atau plafon menggunakan bahan yang murahan dan mudah rubuh, tentu hal inilah yang akan membuat kita justru mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikannya


Pilihlah Lingkungan Rumah yang Tentram dan Nyaman 



Lingkungan rumah yang tentram dan nyaman yang jauh dari gangguan binatang atau orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dan juga perumahan yang menyediakan berbagai fasilitas sosial dan taman bermain. Misalnya saja ada fasilitas taman, kolam renang, maupun pos satpam yang membuat keamanan perumahan lebih terjaga. Hal ini akan menjadi nilai plus yang patut diperhatikan sebelum membeli rumah. Selain itu lingkungan yang terkondisi akan membuat kita betah di rumah tersebut karena memiliki lingkungan dan tetangga yang baik.


5 Tips Membeli Rumah Murah, Aman dan Nyaman 5 Tips Membeli Rumah Murah, Aman dan Nyaman Reviewed by Max on Minggu, September 03, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar: