5 Cara Penataan Ruangan Rumah Minimalis

Berbicara masalah ruangan, tentu kita selalu ingin dan mengharapkan ruangan yang bagus dan sejuk dipandang mata. Tidak jarang kita selalu mengatur tata letak benda yang sudah kita beli agar terlihat lebih elegan, menarik, bersih dan juga nyaman dipandang mata.

Namun perlu kita ketahui, ada beberapa kesalahan yang sebenarnya kita sering anggap remeh yang kadang kesalahan ini sering kita lakukan pada saat dekorasi tempat, Dan alhasil, hasilnya akan membuat pandangan jadi sedikit terganggu dan kesannya menjadi kurang menarik.

Berikut Saya rangkum beberapa kesalahan kecil dalam mendekorasi tata letak benda dan cara mengatasinya.

Penataan Ruangan Pada Lampu


source: google gambar (gambar bisa saja memiliki hak cipta)


Kesalahan pertama saat penataan ruangan adalah pemasangan lampu yang terlalu tinggi, sehingga membuat suasana ruangan menjadi redup. Pasanglah lampu yang agak rendah, agar cahaya dapat fokus memerangi dinding, lantai dan benda-benda lain yang ada di sekitarnya.

Penataan Ruangan Pada Karpet atau Permadani


source: google gambar (gambar bisa saja memiliki hak cipta)

Kesalahan kedua adalah terletak pada karpet. Karpet yang berukuran terlalu kecil bisa dipastikan akan mengganggu pandangan siapapun yang melihatnya, tak terkecuali tamu atau sanak saudara yang sedang berkunjung ke rumah kita.

Solusinya adalah ukuran karpet disesuaikan dengan luasnya ruangan untuk menaruh kursi, sofa ataupun meja di ruang tamu agar terkesan lebih manis dilihatnya. Jika memang tidak ada karpet yang berukuran pas dengan ruangan atau kita hanya mempunyai karpet yang lebih kecil, saran saya sebaiknya karpet itu tidak usah digunakan jika memang tidak diperlukan.

Penempatan TV LED / LCD


source: google gambar (gambar bisa saja memiliki hak cipta)

Untuk penempatan TV yang berbentuk LED atau LCD, diusahakan untuk menaruh TV di posisi dinding dengan warna dinding tidak bergambar atau lebih bagus di dinding dengan hanya satu warna saja. Dan alangkah lebih baiknya lagi jika dinding yang dipasangkan TV itu berwarna cerah, efeknya adalah membuat mata akan lebih sejuk dibandingkan warna bercorak dan warna gelap.

Penempatan Sofa atau Kursi Tamu


source: google gambar (gambar bisa saja memiliki hak cipta)

Penataan ruangan khusus ruang tamu yang besar, sesekali jangan pernah menaruh sofa di pinggiran dinding, kecuali jika ruangan tersebut agak kecil dan sempit. Efek menaruh sofa di pinggir pas dengan dinding tentu akan memperlihatkan ruangan yang kososng dan tampak tidak akan menarik bila dipandang mata. Sebaiknya geserlah sedikit sofa atau kursi tamu tersebut ke bagian tengan ruangan, dan hasilnya akan nampak seperti penuh dan menarik.

Penataan Gorden atau Tirai


source: google gambar (gambar bisa saja memiliki hak cipta)

Penataan gorden tentu mempengaruhi kesan kenyamanan ruangan. Sebaiknya usahakan penyangga tirai atau gorden ditaruh lebih tinggi sedikit dari kusen jendela, agar terasa lebih menarik dan cantik.

Kesimpulan:

Tata letak suatu benda yang benar tentu akan membuat sebuah ruangan terlihat nyaman dan elegan, padahal hanya letaknya saja yang berubah. Jadi jangan berkecil hati bagi yang mempunyai tempat tinggal minimalis tapi menginginkan ruangan yang terlihat sejuk dan nyaman, karena hanya dengan mengatur tata letak benda pada ruangan saja akan membuat ruangan terasa lebih nyaman.
5 Cara Penataan Ruangan Rumah Minimalis 5 Cara Penataan Ruangan Rumah Minimalis Reviewed by Max on Jumat, September 08, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar: