Trik Memotret Sunrise dan Sunset Menakjubkan Menggunakan Kamera Smartphone

Hampir tiap smartphone generasi terbaru telah dilengkapi kualitas kamera yang handal dan mumpuni. Bahkan fitur dan kualitas kamera smartphone hampir setara dengan fitur kamera DSLR. Dan tak jarang pula, para photografer pun sering menghasilkan kualitas foto yang menakjubkan terutama memotret momen sunrise ataupun sunset walaupun menggunakan kamera ponsel.



Sebenarnya kita juga bisa memotret momen sunset ataupun sunrise itu menggunakan kamera smartphone




Gambar diambil melalui Google Gambar




maupun kamera DSLR, asalkan kita tahu tips dan triknya. Tips dan trik ini bisa agan gunakan pada dua jenis kamera tersebut.



Pada postingan kali ini ane share tentang tips dan trik memotret momen sunset dan sunrise. Bagi agan yang sudah pernah mencoba mengambil gambar sunset atau sunrise menggunakan kamera smartphone ataupun DSLR tetapi belum maksimal dan belum puas dengan hasilnya, berikut simak tips dan trik memotret sunset dan sunrise yang menakjubkan:





1. Persiapan



Momen sunrise atau  sunset hanya berlangsung dengan durasi sekitar 1/2 jam saja, untuk itu sebelum memasuki momen tersebut kita wajib sekali melakukan persiapan matang-matang.



Sangat disarankan kita datang lebih awal dan mengetahui posisi dan spot mana yang akan kita ambil gambarnya. Ini sangat berguna untuk observasi wilayah, spot mana yang kira-kira cocok untuk kita ambil gambarnya, dan pastikan pula ketika sudah dapat posisi dan spotnya langsung kita atur semua keperluan kamera termasuk settingan kamera supaya saat momennya mulai kita tak perlu repot setting lagi.





2. Memanfaatkan Siluet



Siluet adalah hal yang dapat menambah daya tarik hasil foto sunset atau sunrise kita. Kesan siluet pada foto kita akan memberi cerita dalam foto yang kita ambil, ditambah lagi dengan lokasi sunset atau sunrise yang sudah terkenal. Sudah pasti hasil foto pun akan menghasilkan gambar yang menakjubkan.





3. Auto Fokus Vs Manual Fokus



Ketika agan memotret momen sunset dan sunrise, gunakanlah mode manual fokus pada settinga kamera agan. Jika bertanya, kenapa agan harus pake fokus manual? bukankan menggunakan auto fokus bisa lebih efisien?



Alasannya adalah tingkat intensitas cahaya ketika sunrise ataupun sunset sangat tinggi jadi kalau pakai mode auto fokus tentu akan sulit bagi kamera untuk menemukan fokus, jadi pakailah manual fokus untuk tidak membuang-buang waktu untuk menemukan fokus kamera secara otomatis.





4. Spot Matering atau Sunset Scene



Agar dapat memperoleh eksposur yang pas, gunakan spot matering jika kita memakai DSLR dan prosummer, atau kita dapat menggunakan mode sunset kalau kita memakai pocket camera.



Sekian tips dan trik memotret momen sunset maupun sunset untuk hasil yang menakjubkan. Semoga bermanfaat

1 Komentar untuk "Trik Memotret Sunrise dan Sunset Menakjubkan Menggunakan Kamera Smartphone"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel