Ternyata Inilah yang Menjadi Faktor Windows Phone Gulung Tikar


Para Gadgeters siapa yang tidak kenal dengan sistem operasi besutan Microsoft Corpoation khusus smartphone, yaitu Windows Phone. Cukup familiar bukan?



Setelah Microsoft sukses mencetak laba hasil dari penjualan lisensi sistem operasi berbasis PC, Microsoft Windows. Microsoft pun mencoba melebarkan sayapnya dengan menggarap sistem operasi berbasis smartphone, yakni Windows  Phone.



Berbagai upaya telah dilakukan Microsoft untuk bisa menguasai pangsa pasar di sektor mobile. Mulai dari kerjasama dengan para vendor smartphone, hingga sempat mengakuisasi vendor ponsel ternama, yakni Nokia.








Tapi hasilnya sungguh jauh diluar dugaan, sistem operasi Windows Phone tak pernah berhasil memikat hati pengguna smartphone. Kalah jauh dari sistem operasi Android milik Google maupun iOS milik Apple, Microsoft belakangan ini seolah menyerah untuk mengurus dan mengembangkan Windows Phone.



Padahal jika kita melihat dari segi fitur serta dukungan aplikasi, dengan adanya Windows Store, aplikasi search engine Bing, aplikasi kantor Microsoft Office, Maps dan beragam fitur lain dari Microsoft. Windows Phone sangat berpeluang bersaing dengan vendor sistem operasi berbasis mobile lainnya.



Tentu kita bertanya-tanya, apasih faktor penyebab Windows Phone kian terpuruk?



Jadi begini ceritanya gan.

Jean Lous Gasse mantan eksekutif Apple yang dulu pernah menjadi penasihat Nokia, menilai bahwa bukan Android yang membuat Windows Phone terpuruk. Akan tetapi faktor dari Microsoft sendiri selaku pengembang dan pembuatnya.



Faktor pertama yaitu, Microsoft tidak pernah mau memberikan lisensi gratis untuk Windows Phone. Lisensi yang bersifat close source, menjadi hambatan untuk para developer dan para pengembang dari vendor smartphone. Lain halnya dengan tindakan langsung yang telah dilakukan Google terhadap Android, semua orang bisa mengembangkan Android dengan syarat tidak menghilangkan syarat dan ketentuan dari Google . Padahal jika Microsoft melakukan seperti yang telah dilakukan Goolge, mungkin saja Windows Phone punya peluang lebih tinggi di pasar.



Kemudian faktor kedua adalah, Jean menilai Microsoft memang tidak pernah fokus di pasar smartphone dan selalu mengutamakan pasar PC yang telah membesarkan namanya. Bisa dikatakan Windows Phone seakan jalan di tempat dan perlahan mundur.



"Dalam waktu lama, strategi ortodok Microsoft adalah menempatkan PC sebagai pusat. Smartphone dan tablet hanyalah semacam pendamping," Jelas Jean seperti dikutip Windows Lates.



Tapi jangan salah, Microsoft bukan berarti benar-benar akan berpaling dari pasar smartphone loh gan. Konon ada kabar bahwa mereka akan melakukan reborn Windows Phone dan memperkenalkannya pada tahun 2018 mendatang. Dan mungkin akan berpeluang menyalip Android dan iOS.




Silahkan berkomentar, semoga bermanfaat


Belum ada Komentar untuk "Ternyata Inilah yang Menjadi Faktor Windows Phone Gulung Tikar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel