Sederhana Tapi Ampuh, Inilah 8 Cara Menurunkan Demam Secara Cepat dan Alami

Perlu Kita ketahui, sebenarnya demam bukanlah sejenis penyakit, melainkan reaksi sistem daya tahan tubuh untuk melawan infeksi, virus, penyakit atau kondisi sejenisnya. Cara menurunkan demam secara alami sangat ampuh jika demamnya terbilang masih ringan, dan sebenarnya kita tidak perlu buru-buru untuk segera meminum obat penurun panas.

Dengan hanya beristirahat yang cukup biasanya tingkat suhu pada tubuh akan menurun dengan sendirinya. Namun jika kita ingin cepat kembali sehat dan bugar untuk bisa melakukan aktivitas seperti biasa, sebetulnya ada banyak obat ampuh alami yang ada di sekitar kita untuk kita bisa menjinakan suhu panas dalam tubuh.


Source: google gambar (bisa saja memiliki hak cipta)


Berikut cara dan obat alami yang bisa kita coba:


1. Kompres Menggunakan Air Hangat


Sejak zaman nenek moyang kita selalu diajarkan untuk meredakan suhu tubuh akibat demam, namun biasanya kita diajarkan mengkompres menggunakan air dingin. Padahal kalau boleh tahu, mengkompres menggunakan air dingin tidak benar-benar bisa menyembuhkan demam. Yang terjadi jadi justru sebaliknya, ketika tubuh yang demam menerima air dengan suhu yang dingin maka tubuh akan meningkatkan suhu tubuhnya karena itu dianggap sebagai ancaman oleh sistem imun tubuh. Dan hal ini justru malah memperburuk kondisi demam.

Metode yang paling ampuh untuk menurunkan demam adalah dengan mengkompresnya menggunakan air hangat daripada mengkompresnya menggunakan air dingin. Kondisi pembuluh darah yang melebar akibat akibat mengkompres menggunakan air hangat dapat memicu produksi keringat dan mempermudah pengeluaran suhu panas dari dalam tubuh, sehingga suhu tubuh akan menurun dari dalam secara alami.

Caranya cukup dengan merendam kain lap yang bersih ke dalam satu wadah sedang yang berisi air hangat suam kuku, peras kain lap tersebut dan segera tempelkan langsung ke daerah ketiak. Disarankan untuk tidak menempelkannya lebih dari 20 menit dan berilah jeda selama 10 menit untuk mengkompres kembali.


2. Mandi Menggunakan Air Hangat


Jika kita sedang demam sudah dipastikan kita akan merasa gerah dan perasaan tidak nyaman, pastikan kita tidak tergoda untuk segera mengguyur tubuh kita menggunakan air dingin. Mirip dengan teknik mengompres menggunakan air hangat, mandi menggunakan air hangat bisa memperlebar pembuluh darah dan merangsang tubuh untuk memproduksi keringat, sehingga demampun akan berangsur sembuh.

Sebaliknya ketika kita sedang demam dan langsung mandi menggunakan air dingin, maka yang akan terjadi adalah dengan menyempitnya pembuluh darah seketika sehingga memperlambat aliran darah yang menuju lokasi imun tubuh. Sehingga sistem imun tubuh akan bekerja keras melawan penyakit, luka atau infeksi yang sedang menyerang tubuh. Sehingga menyebabkan suhu tubuh meningkat dan menyebabkan demam semakin parah.


3. Meminum Teh Sari Jahe


Sifat jahe yang dikenal bisa menghangatkan badan, jahe juga berguna untuk membantu memperlebar pori-pori dan pembuluh darah yang bisa menyebabkan produksi keringat meningkat. Sehingga bisa mempercepat penurunan suhu badan.


4. Perbanyak Makan Buah-buahan


Buah-buahan segar yang akan akan vitamin C dan antioksidan sangat membantu untuk menambah sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan infeksi. Buah-buahan yang mengandung vitamin C dan antioksidan seperti jeruk, jambu biji, kiwi, stroberi, pepaya, nanas, dan mangga.


5. Perbanyak Minum Air Putih


Saat tubuh sedang demam dan mengeluarkan banyak keringat, tubuh akan mengalami dehidrasi yang hebat. Sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, setidaknya meminum 2 liter setiap harinya.


6. Meminum Air Sari Seledri


Tidak banyak kita ketahui, ternyata seledri mampu membuat tidur kita lebih nyenyak dan juga mampu menurunkan demam pada tubuh. Cara membuatnya sangat mudah, cukup memasukan seledri kedalam ½ liter air bersih yang mendidih lalu tunggu hingga 10-15 menit. Saring lalu disarankan menuangkan madu secukupnya, kemudian minumlah secara rutin sampai demam kita hilang.


7. Mengkosumsi Makanan yang Pedas


Kandungan Capsaicin yang terkandung pada buah cabai yang memiliki rasa pedas ternyata bisa membuat tubuh kita berkeringat dan meningkatkan sirkulasi darah ketika kita mengkonsumsinya. Hal ini akan membuat suhu badan perlahan akan menurun.


8. Istirahat yang Cukup


Ketika kita sedang demam, disarankan untuk menghentikan aktifitas berat seperti biasanya. Istirahatlah yang cukup dan berkualitas, karena energi badan yang tersimpan akan lebih dialokasikan untuk sistem daya tahan tubuh dibanding untuk melakukan aktifitas. Beristirahat saat demam juga bisa menurunkan suhu badan secara cepat dan alami dibanding saat kita tidak tengah beristirahat.


Kesimpulan:


Kapan ketika demam kita harus diperiksakan ke dokter?

Faktanya, berbagai cara dan obat demam alami di atas hanya akan membantu kita merasa sedikit lebih baik tapi tidak benar-benar bisa menyembuhkan demam. Satu-satunya cara yang paling ampuh untuk menurunkan demam adalah dengan mengobati akar penyakit yang menjadi penyebab demam.

Disarakan untuk selalu berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter tentang penyebab demam kita, hal ini bertujuan untuk mendapatlan pengobatan terbaik.
Minumlah obat dari dokter dan ikutilah sesuai dengan petunjuk dokter.

Belum ada Komentar untuk "Sederhana Tapi Ampuh, Inilah 8 Cara Menurunkan Demam Secara Cepat dan Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel