Inilah Fitur Canggih Pada Android Oreo

Bertepatan dengan gerhana matahari di Amerika 21 Agustus kemarin, Google akhirnya secara resmi memantapkan untuk memberi nama pada versi Android 8.0 dengan nama "Oreo". Ditandai dari pihak Android yang memposting sebuah video di youtube dan membaginya di akun Google+ resmi mereka.



Google sendiri mengklaim dan meyakini bahwa Android Oreo lebih cepat, kuat dan cerdas daripada versi Android pendahulunya, hal ini terbukti karena sebelumnya mereka telah meluncurkan versi developer preview sebanyak empat kali.






source: google gambar

Konon. smartphone pertama yang bakal mendapatkan jatah Android Oreo di antaranya Google Pixel dan Pixel XL, Pixel C tablet, Nexus 5X, 6P dan Nexus player.



Berikut 10 kelebihan Android Oreo dibandingkan dengan Android versi sebelumnya:





Navigasi Keyboard yang Lebih Baik



Untuk pengembangan navigasi pada keyboard, Google menyatakan telah menerapkan fitur baru "arrow" dan "tab" untuk navigasi yang lebih baik.





Turn On Wifi Otomatis



Fitur ini akan mendeteksi sinyal wifi yang telah terkoneksi dengan smartphone berbasis Android Oreo, dan menghidupkan wifi secara otomatis. Sehingga penggunaan baterai dan koneksi data smartphone agan akan menjadi hemat, menarik sekali bukan?





Konektivitas



Fitur yang telah tertanam pada Android Oreao adalah dengan mendukungnya audio wireless high quality, agan bisa menggunakan koneksi Wi-Fi maupun koneksi Bloetooth.

Sony LDAC adalah salah satu perangkat yang disebut-sebut telah terintegrasi dengan fitur ini. Selain itu, Android Oreo juga memiliki fitur Wi-Fi Aware atau juga dikenal sebagai Neighbor Awareness Network (NAN), yang memungkinkan perangkat dapat berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan Wi-Fi tanpa perlu adanya akses Internet.





Penyimpanan yang Lebih Spesifik



Mungkin kita pengguna Android pernah merasakan ketika smartphone kita panas dan melambat, maka yang kita lakukan adalah melakukan cleaning dengan menghapus dan membersihkan aplikasi dan chace yang sampah yang tidak digunakan. Pada Android Oreo ini, penyimpanan dikelompokan menjadi lebih spesifik dan teratur. Sehingga kita bisa dengan mudahnya mengatur dan memonitoring storage smartphone kita.





Picture In Picture Mode



Mungkin fitur ini terdengar aneh bukan? Ya, Memang. Tapi begitulah salah satu kelebihan Andorid Oreo, yaitu adanya fitur gambar didalam gambar yang berfungsi ketika kalian sendang menonton video dan ingin mengerjakan pekerjaan lain seperti chating dan browsing. Jadi fitur ini seperti layar komputer yang dapat di restore down dan dapat melakukan hal lainya atau multi tasking. Sejauh ini fitur ini dapat digunakan saat membuka youtube dan VLC.





Fast Booting



Android Oreo disebut-sebut bisa melakukan booting yang lebih cepat efisien





API Autofill



Rencananya Android Oreo akan menerapkan API baru yaitu fitur autofill yang berguna untuk memasukkan data informasi yang berulang. Seperti mengisi form nama, alamat, no kartu kredit dan lain sebagainya. Sehingga akan membuat efisiensi waktu dan mengurangi sedikit kesalahan penulisan.





Batas Pada Latar Belakang



Seperti yang telah diperkenalkan pada Marshmallow dan Nougat, fitur doze kembali dihadirkan pada Android versi Oreo ini. Yang tentunya telah dihadirkan dengan performa yang lebih baik. Fitur ini berfungsi untuk mengendalikan proses aplikasi yang berlebihan ketika berjalan dilatar belakang seminimal mungkin, sehingga berdampak pada awetnya daya tahan baterai.





Snooze Individual Notification



Fitu inilah yang menurut ane fitur paling jempol. Bayangkan ketika kita sedang bete atau galau, tiba-tiba muncul notif pesan aplikasi ataupun pesan yang bisa saja bertambahnya badmood. Fitur ini cukup dengan menggeser notif tersebut ke kanan dan ikon jam snooze notification maka pesan tersebut akan hilang dan akan muncul kembali setelah waktu yang kalian inginkan.



Itulah beberapa fitur yang ada pada Android Oreo, menarik sekali bukan? :D

Semoga bermanfaat




Belum ada Komentar untuk "Inilah Fitur Canggih Pada Android Oreo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel