Cara Menyembunyikan File di Android dengan Cepat dan Mudah

Berbicara mengenai masalah privasi, tentu kita tidak akan terlepas dari upaya kita untuk selalu menutupi semua hal yang bersifat privasi tersebut. Tidak terkecuali dengan file dokumen, file foto maupun file video yang mungkin kita simpan di perangkat penyimpanan digital, terutama di perangkat smartphone Android.



Mungkin agan pernah mengalami smartphone agan dipinjam oleh saudara kecil agan, entah itu untuk bermain game, streaming Youtube, berselfie ria atau bahkan membuka semua galeri smartphone agan.



Kalau agan hanya menyimpan galeri biasa mungkin tidak ada masalah, namun apa jadinya jika kita menyimpan file-file yang bersifat pribadi, Dan sudah pasti, tentu agan tidak mau jika orang lain mengetahuinya termasuk saudara agan sendiri.



Tapi agan ga perlu khawatir, berikut beberapa cara menyembunyikan file rahasia dari galeri agan.





Cara Pertama: Tanpa Aplikasi



Cara yang pertama untuk menyembunyikan file dari galeri adalah dengan tanpa aplikasi pihak ketiga, artinya agan bisa menghidden file secara langsung tanpa harus mendownload aplikasi lain.



Caranya:



1. Buka File Manager di ponsel agan



2. Cari dan pilih file yang akan disembunyikan (disarankan agan mengingat format file tersebut, misal untuk file foto biasanya menggunakan format .jpg atau .jpeg, vide .mp4 atau .mkv, dan lain sebagainya).



3. Jika agan sudah memilih file yang mau disembunyikan, klik edit, lalu pilih ganti nama



4, Silahkan agan isi format file sesuai keinginan agan, misal file saya tadinya dengan nama file sesepuhsunda.jpg, saya rubah formatnya menjadi sesepuhsunda,id








5. Jika sudah, silahkan agan cek di galeri agan nama file yang direname tadi.



Sudah hilang kan?

Untuk menampilkannya lagi, agan cukup me rename format file yang tadi ke format semula.



Tidak hanya menyembunyikan dari galeri, dengan merename file agan tadi, secara otomatis file agan tidak akan terbaca walaupun dibuka melalui File Manager.










Cara Kedua: Menggunakan Aplikasi Folder Lock



1. Download apikasi Folder Lock dari Play Store

2. Lalu agan akan diminta memasukan PIN baru untuk membuka akses








3. Jika sudah mengatur PIN, agan akan diarahkan ke menu utama folder lock.

4. Disini agan bisa menyembunyikan hampir semua jenis file, baik berupa file foto, video, dokumen, audio bahkan untuk versi terbaru sudah bisa mengunci dan menghidden aplikasi.








5. Untuk membukanya, agan cukup membuka aplikasi folder lock, lalu login menggunakan PIN agan, dan secara otomatis file yang kita hidden akan otomatis terbuka disana.



Cara kedua ini cukup direkomendasikan, selain mudah menggunakannya juga lebih efisiensi waktu.



Silahkan berkomentar dan semoga bermanfaat



Belum ada Komentar untuk "Cara Menyembunyikan File di Android dengan Cepat dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel