Cara Mengecharge Ponsel yang Baik dan Benar. Dijamin Bisa Bikin Umur Baterai Awet





Banyak para pengguna smartphone yang merasa kebingungan terkait kapan dan cara charging yang baik dan benar. 





Sebenarnya charging ponsel yang tepat itu gimana sih? Benarkah charging ponsel sesering mungkin selama tidak sampai 0% tidak akan mengalami masalah? Apakah betul jika nge-charge semalaman untuk smartphone tidak bermasalah? Begitual kira-kira pertanyaan yang ada di benak para pengguna smartphone. 







Lalu, bagaimana sih cara dan kapan waktu untuk nge-charge smartphone yang tepat?


















Memang, seperti mitos legenda, masalah charging baterai pada smartphone seringkali lebih banyak mitos dan pantangannya. Memang benar, kita sering mendengar berita tentang beberapa smartphone yang terbakar saat proses charging. 





Tapi bukan berarti teknologi charging pada smartphone tida berkembang, biasanya terdapat kesalahan pengguna pada kasus-kasus tersebut. Seperti menggunakan chargeran palsu, hingga menggunakan smartphone secara berlebihan ketika smartphone sedang mengisi daya.





Smartphone modern saat ini telah ditanampak chip yang bisa mengatur proses charging smartphone, chip ini memonitoring kondisi kesehatan baterai. Baik berupa suhu, tegangan dan untuk menyesuaikan proses charging.





Pada suatu kasus, bolehkah smartphone dicharge semalaman sampai pagi hari? 





Jawabannya adalah, Boleh dan tidak ada masalah. Alasannya, karena ketika daya baterai hampir penuh, chip pada smartphone tadi akan memperlambat pemasukan daya pada baterai, yang bertujuan untuk menurunkan suhu. Dan ketika baterai sudah terisi penuh, maka akan terjadi proses trickle charging, bertujuan menyesuaikan arus masuk dan arus keluar, sehingga tidak akan terjadi kelebihan daya yang menyebabkan baterai manjadi panas.





Dibuktikan ketika kita ngecharge smartphone semalaman, kita akan menemukan charger dan smartphone dalam keadaan dingin pada besok pagi. Ini membuktikan teknologi charger saat ini sudah modern.





Perlu diketahui bahwa baterai smartphone saat ini sebagian besar berupa baterai jenis Li-Ion, sangat berbeda dengan baterai ponsel zaman dulu yang berupa baterai jenis Ni-Cd atau Ni-MH. Yang memili memory effect, sehingga daya baterai harus dihabiskan total sebelum di-charge ulang. Berbanding terbalik dengan baterai Lithium Ion, usahakan jangan pernah digunakan sampai habis.





Untuk mengisi ulang baterai jenis Li-Ion yang kosong, dibutuhkan tegangan yang besar dan cenderung membuat baterai cept panas. Suhu panas berlebihan inilah yang menjadi musuh dari baterai Lithium Ion, sehingga umurnya akan lebih pendek.





Umur baterai dihitung dari jumlah cycle, proses 100% charge dan discharge. Misalnya baterai kita sekarang 100%, kemudian digunakan hingga presntase baterai tersisa 50%, kemudian dicharge lagi sampai 100%, ketika digunakan sampai 50% lagi berarti terhitung 1 cycle. 





Setiap baterai smartphone tidak pasti berapa cycle hingga kemampuannya perlahan menurun, ini tergantung dengan cara kita menggunakannya. Rata-rata baterai smartphone memiliki kemampuan cycle antara 300-500 cycle. Jika sering menggunakan baterai hingga hampir habis atau habis, cycle baterai akan lebih sedikit. 





Beberapa ahli baterai menyarankan kita, jika saat baterai masih 60-70% dan kita charge, jumlah batas cyclenya akan bertambah, karena baterai mudah diisi dengan panas yang tidak berlebihan.





Saat kondisi baterai smartphone 100% saat bangun pagi, kemudian digunakan hingga tersisa 70%, jangan ambil pusing, charge saja. Tidak perlu menunggu hingga dapat pemberitahuan baterai habis. Bebarapa ahli menyarankan jika ingin memiliki baterai berumur panjang, charging sebelum isinya di bawah 40%.





Teknologi baterai rata-rata sekarang, setelah digunakan 1 tahunan, kapasitas full-nya tidak akan 100% lagi, tapi rata-rata 80%. Teknologi baterai smartphone terbaru, sudah bisa lebih baik, hingga setelah digunakan 1 tahunan, kapasitas full-nya hanya berkurang 5% saja. Menarik bukan?


Silahkan berkomentar, semoga bermanfaat


4 Komentar untuk "Cara Mengecharge Ponsel yang Baik dan Benar. Dijamin Bisa Bikin Umur Baterai Awet"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel