Apple Segera Patenkan Teknologi Sidik Jari Sensor Ultrasonik

Seperti kita ketahui Apple sangat berambisi dan inovatif dalam pengembangan teknologi terkini, tak terkecuali untuk teknologi finger print atau sensor sidik jari yang dibenamkan pada smartphone andalanya, Iphone.



Pasalnya Apple akhir-akhir ini telah berani mematenkan teknologi sensor sidik jari dibalik layar, yang kemungkinan akan benamkan pada iphone generasi berikutnya.



Apple sendiri menamai teknologi ini dengan sebutan Active Detection Element for Acoustic Imaging Systems. Dalam dokumen resminya, Apple tampak menghilangkan komponen pemindai sidik jari berbasis optik yang telah digunakannya sejak di iPhone 5s.



Sebagai gantinya, teknologi sensor sidik jari Apple akan mengandalkan gelombang ultrasonik untuk memindai sidik jari pengguna.






source: google gambar





Tapi teknologi ini ternyata bukanlah  hal yang baru di dunia teknologi, sebut saja Qualcomm yang sudah lebih dulu menemukanya. Keuntungan teknologi ini adalah produsen ponsel bisa menempatkan sensornya di manapun. Di balik layar, di balik bodi, di balik baterai, sensor ultrasonik diklaim akan tetap mampu membaca sidik jari penggunanya.



Apapun itu, dengan paten yang didaftarkan Apple artinya produsen ini telah memasukannya dalam rencana pengembangan untuk perangkat besutannya.

iPhone 8 sendiri sempat disebut-sebut akan memiliki sensor sidik jari di belakang layar, meski akhirnya bocoran-bocoran yang hadir mematahkan spekulasi tersebut.



Apple juga bukan satu-satunya produsen yang berambisi membenamkan pemindai sidik jari di balik layar. Pesaing terdekatnya, Samsung sudah berambisi sejak di Galaxy S8. Namun tampaknya bukan hal mudah untuk mewujudkannya.



Di sisi lain, Vivo yang tak disangka-sangka malah menjadi produsen pertama yang meluncurkan teknologi sensor sidik jari di balik layar. Tapi produsen China ini belum membenamkannya di perangkat versi publik.

2 Komentar untuk "Apple Segera Patenkan Teknologi Sidik Jari Sensor Ultrasonik"

  1. Makin canggih aja ni apel, tapi sayang gk ada duit buat beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua akan indah pada waktunya gan hehehe

      Terima kasih, selamat berkunjung kembali :)

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel