10 Tips Memilih Modem atau Mifi yang Murah, Bagus dan Berkualitas

Selamat malam sahabat blogger.

Kali ini ane mau berbagi sedikit saran, tentang tips membeli atau memilih modem wifi portable atau biasa juga kita sebut mifi.



Ane dulu pernah beli mifi 4G pertengahan tahun 2014 dengan harga yang lumayan menguras dompet, yakni sekitar 1/2 jutaan :D Ane waktu itu dibilang ketipu nggak, dibilang nggak ketipu tapi ketipu wkwkwk



Jadi ceritanya ane lagi nyari modem yang lumayan bagus, harga murah, tapi bisa dipasang pake kartu apa aja. Kebetulan ane pulang kerja ketemu salesnya yang biasa mangkal di pinggir jalan. Singkat cerita, ane tanya panjang lebar deh tentang kelebihan tuh modem, termasuk menanyakan apakah modem tersebut bisa dipakai menggunakan all kartu provider. Kebetulan waktu itu jenis modemnya ada 2, yang satu agak murah yang satunya lagi agak mahal. Selisih sekitar 200 ribuan. Ditunjuklah modem yang agak mahalan itu, dia mengatakan kalo modem yang itu bisa dipakai menggunakan semua jenis kartu atau biasa kita menyebutnya dengan unlock.



Sampainya dirumah barulah ane merasa kecewa, sedikit menelan pahit. Karena ternyata modem yang ane beli itu tidak unlock, dia hanya bisa menggunakan satu jenis kartu saja (mungkin disini agan udah tau, jenis modem apa yang ane beli).



Setelah mengusap dada dan air mata, dengan sedikit pengalaman tersebut, ane mau nyoba bantu share tips dan trik memilih modem protable yang bagusa dan berkualitas.



Berikut tips dan trik nya:



1. Perhatikan Antara Chipset Modem dan Teknologi Terkini



Sebelum membeli mifi, pastikan sebelumnya kita harus ngecek dulu chipset dengan teknologi yang ditanamkan pada mifi tersebut. Contohnya, jika di Indonesia umumnya mifi 4G masih menggunakan chipset yang mendukung pada kecepatan 100-150 Mbps saja, sedangkan jika ada iklan yang menuliskan MIFI dengan chipset qualcomm 9200 kecepatan up to 300Mbps atau lebih, artinya kita perlu diperhatikan dengan kualitas dan keaslian mifi tersebut.





2. Lock/Unlock dan Jaringan/Band



Mifi yang dijual di pasatan saat ini ada dua jenis, yaitu mifi lock dan unlock. Mifi lock yakni modem tersebut hanya bisa dipakai oleh satu operator saja, biasanya karena adanya kerjasama pihak modem dan pihak operator tersebut. Agan bisa membedakannya, biasanya mifi unlock telah diberi label operator menempel pada mifi tersebut. Sedangkan mifi unlock adalah mifi yang bisa dipasang oleh simcard apapun selama sesuai dengan band yang dicover oleh mifi tersebut.



Mifi unlock dengan cakupan jaringan yang beragam tentu lebih disukai daripada yang pilihan jaringannya lebih sedikit apalagi untuk kalian yang senang sekali traveling keluar pulau dari daerah satu ke daerah lain.



Mengenai MIFI unlock terdapat dua macam produk di pasaran yaitu unlock Dari pabrik dan unlock dari penjual vender.

- Unlock Dari pabrik: kestabilan yang ditawarkan terjamin, garansi resmi juga panjang yaitu 1-3 tahun contoh: MIFI 4G Telkomsel Huawei E5577 dan Alcatel MW40

- Unlock Dari dari penjual: Kestabilan dari tidak dapat dipastikan karena berasal Dari MIFI lock yang kemudian diunlock paksa/ilegal oleh seller, garansi yang diberikan oleh penjual pun variatif pendek (karena garansi resmi hangus oleh proses unlock) contoh: MIFI XL GO unlock






3. Kapasitas Daya Baterai dan Adanya Fitur Bypasa



Mifi kini hadir dengan beragam kapasitas baterai, pilihlah mifi dengan kapasitas baterai yang besar. Jangan lupa juga gan, mifi sekarang telah dipasang fitur bypass. Bypass artinya mifi bisa dinyalakan tanpa harus memasang baterai, dengan syarat mifi tersebut harus menancap langsung ke adaptor/cassan mifi tersebut.








modem huawei sesepuhsunda.id
copyright sesepuhsunda.id 2017




Ada 3 pilihan bypass:




  • Baterai dummy: meletakkan semacam baterai yang terbuat dari rangkaian kapasitor dalam slot baterai (harganya sekitar 30-50rb saja), hal ini tidak akan merusak garansi mifi karena dummy tidak mengubah apapun baik kondisi fisik maupun software.



  • Jasa bypass: Seller atau penjual jasa bypass akan mengutak atik software mifi agan,  sehingga mifi akan tetap menyala saat di charger walau tanpa terisi baterai sama sekali, dan tentunya hal ini dapat menghanguskan garansi resminya.

  • Mifi bypass bawaan pabrik: saat ini sudah ada fitur bypass pabrik, seperti contoh mifi baru ane yang baru ane beli kemarin :D Jenis bypass ini sangat ane sarankan, karena kualitas dan keamanan mifi sudah terjamin.






4. Merk dan Harga



Merk seri dan harga sangat keterikatan, jadi jika agan berniat membeli mifi, pastikan sebelumnya kalian sudah mendapat data yang detailnya karena jika hanya tau merk saja maka bisa saja kamu akan salah beli. Ingat gan, "Harga dan Merk tidak pernah bohongi kualitas".





5. Signal dan Slot Antena



Mifi memiliki penangkapan sinyalnya mugkin terbatas, jika agan membutuhkan penangkapan sinyal yang lebih kuat tentunya agan memilih mifi yang sudah memiliki slot pigtail antena, sehingga mifi bisa disambungkan dengan macam-macam pilihan antena dari yang kecil dengan penambahan sinyal yang hanya 10dB (1bar) hingga antena outdoor yang besar dengan penambahan sinyal hingga 30dB (3bar).





6. Dashboard



Dashboard adalah halaman admin untuk mengatu konektivitas mifi. Biasanya mifi yang bagus memiliki dashboard yang informatif dan memilik fitur-fitur penting, seperti:




  • Fitur SMS. Agan bisa mengirim dan menerima pesan menggunakan fitur ini, dan tentunya kartu yang dipasang pada mifi tersebut harus memiliki pulsa ya :D

  • Fitur USSD. Fitur ini berfungsi untuk mengirim perintah dengan kode tertentu ke operator seluler yang dipasang di mifi. seperti contohnya *888# untuk cek pulsa pada operator Telkomsel.






7. Limit User






Jika agan berniat membeli mifi untuk dijadikan akses point dan digunakan oleh banyak user secara berasma, maka carilah mifi yang mempunyai batas pengguna yang maksimal. Saat ini umumnya mifi yang dijual dipasatan mempunyai batasan user maksimal 32 user.





8. Service Center dan Garansi



Seperti kita ketahui, garansi mifi mempunyai 3 macam jenis garansi:




  • Garansi resmi: biasanya durasinya panjang 1 – 3 tahun, pengajuannya mudah kita dapat langsung datang ke service center terdekat.

  • Garansi distributor: biasanya durasinya 1 tahun, dan pengajuannya hanya bisa dilakukan lansung ke distributor.

  • Garansi personal/garansi seller: biasanya garansi yang di tawarkan durasinya seminggu, dan pengajuan hanya bisa ke seller atau penjualnya saja




Inilah pentingya memilih merk, karena merk yang besar dan terkenal biasanya mempunya service center banyak dan mudah kita temui jika suatu saat mifi kita rusak atau ngadat.





9. Paket Penjualan



Paket penjualan mifi ada yang minimalis dan ada juga yang komplit, perbedaan antara yang minimalis dengan yang komplit biasanya ada pada panjang kabel data, ada atau tidaknya adaptor charger kemudian bonus-bonus lain yang di tawarkan seperti contohnya paket data perdana dan lain sebagainya





10. Review dan Testimoni



Langkah kesepuluh ini mungkin sedang agan lakukan sekarang, yaitu mencari review melalui orang-orang yang berpengalaman. Saran ane, carilah review dari berbagai sumber supaya lebih tepar dan akurat, agar tidak meyesal dikemudian hari :D





Itulah beberapa tips dan trik dari ane yang mungkin bisa agan coba.

Silahkan berkomentar dan semoga bermanfaat.



1 Komentar untuk "10 Tips Memilih Modem atau Mifi yang Murah, Bagus dan Berkualitas"

  1. Terima Kasih udah sharing mas. Kebetulan saya kemarin baru beli modem baru hehehe

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel