Tips Jitu, Mengatasi Baterai Smartphone yang Cepat Habis




Selamat sore sahabat blogger.





Sebetulnya artikel seperti ini sudah banyak sekali bertebaran di internet, tapi ga ada salahnya kan Ane nge-share tips dan trik yang siapa tau berbeda dan mungkin sedikit manjur kalau Ane yang nge-share. hehehe. 





Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi Ane gan, terkadang agak greget juga kalau lihat temen atau saudara yang ngedumel terus karena smartphone nya yang super lemot dan batrenya yang cepet habis. 





Bolehlah yang punya isi dompet tebel (duit ya, bukan KTP), setiap HP udah agak lemot mungkin bisa dengan mudahnya mengganti smartphone yang baru. Tapi mungkin itu tidak berlaku untuk para pencari recehan seperti Ane ini. Wkwkwk





Nah, daripada ngeluarin duit buat ganti smartphone baru yang sebenernya masih bisa diakalin dengan beberapa tips berikut, yang bisa agan coba sendiri. Apa sih penyebab batre smartphone cepat habis?








1. Sinyal





Yap, sinyal. Sinyal menjadi faktor paling utama penyebab batre smartphone cepat habis. Kenapa demikian? Sinyal diibaratkan seperti pemain sepak bola yang mengejar-ngejar bolanya. Semakin jauh bolanya, semakin kencang pula pemainnya untuk mengejar bola tersebut. 





Sama halnya dengan smartphone, mungkin di beberapa titik daerah tertentu smartphone akan kesulitan menangkap sinyal. Hal tersebut bisa saja diakibatkan karena access point (tower pemancar sinyal) yang menghubungkan pengguna dengan server provider terlampau jauh, atau trafiknya sedang sibuk dan penuh yang mengakibatkan sinyal menjadi lemah atau hilang sama sekali. Jika itu semua terjadi, maka smartphone akan terus mencari sinyal sampai mendapatkan koneksi terbaik. Dan itu benar-benar akan menguras sumber daya smartphone, yang mengakibatkan smartphone cepat panasdan batrenya akan cepat habis.





Solusinya, carilah tempat terbaik yang sekiranya smartphone bisa menerima sinya dengan baik. Apabila itu tidak memungkinkan, sebaiknya matikan saja untuk beberapa saat. Sampai smartphone agan mendapatkan sinyal yang stabil.








2. Koneksi Radio





Radio di sini bukan berarti hanya radio FM/AM ya gan, hehehe. Tapi yang Ane maksud lebih mengarah ke koneksi WiFi, bloetooth, hotspot dan GPS. Apabila koneksi tersebut tidak benar-benar agan gunakan, sebaiknya dinonaktifkan saja demi keselamatan dan kesehatan batre smartphone agan.








3. Aplikasi Penguras Batrai





Faktor ini yang tanpa disadari sering dialami oleh para pengguna smartphone. Aplikasi media sosial yang bersifat Real Time sangat menguras batre agan, aplikasi yang sering mengeluarkan notifikasi-notifikasi online walaupun agan sendiri tidak membuka aplikasi tersebut.





Terlebih smartphone yang agan pakai, speknya masih dibawah rata-rata alias agak jadul (becanda kok, jangan tersinggun ya. Hehehe). Sebaiknya tutuplah aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan lagi, uninstall aplikasi tersebut atau agan bisa menggunakan alternatif lain seperti aplikasi Facebook Lite, Line Lite atau beralih menggunakan browser.








4. Fitur Getar atau Vibrate





Fitur ini mungkin sangat mambantu jika ada telepon atau chat yang masuk ke smartphone kita. namun jika sekiranya tidak terlalu membutuhkan fitur tersebut, lebih baik dinonaktifkan saja.








5. Menggunakan Aplikasi Junk Cleaner





Banyak sekali aplikasi yang berfungsi untuk menghapus file-file sampah yang tidak diperlukan lagi. Jika smartphone enteng dan gak penuh karena file-file sampah, tidak menutup kemungkinan batre smartphone agan akan lebih hemat dan awet.








Aplikasi Junk Cleaner - sesepuhsunda.id
Aplikasi Junk Cleaner - sesepuhsunda.id




6. Streaming dan Browsing





Streaming dan browsing juga bisa menguras batre smartphone agan, terlebih jika sinyal koneksi internet agan tidak stabil. 








7. Kecerahan Layar





Selain bisa merusak kesehatan mata, semakin cerah tampilan layar, maka semakin banyak juga sumber daya smartphone digunakannya. Oleh karena itu, meredupkan layar sesuai keperluan sangat membantu sekali untuk bisa membuat batre smartphone agan tetap awet.








8. Jika semua tips Saya di atas sudah dilakukan, namun tidak berdampak besar bagi smartphone agan. Mungkin itu sudah waktunya kalau smartphone agan pengen diganti dengan yang baru. hehehe





Sekian tips dari Ane,  agar batre smartphone tidak cepat habis. semoga bermanfaat...





Belum ada Komentar untuk "Tips Jitu, Mengatasi Baterai Smartphone yang Cepat Habis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel