Cara Memperbaiki Ponsel yang Jatuh Kedalam Air



Pernahkan agan mengalami ponsel jatuh ketika digenggam? Terlebih jatuhnya tepat diatas air. Bukan hanya akan membuat bodi ponsel agan lecet, tapi yang lebih parah bisa membuat ponsel anda mati total karena terjadi konsleting listrik. Mungkin kejadian seperti ini sangat tidak ingin kita harapkan bukan?



Untuk ponsel model keluaran terbaru mungkin sudah dilengkapi fitur-fitur canggih, seperti fitur anti benturan dan fitur anti air (fitur anti mantan ada gak yah, wkwkwk). Tapi apa jadinya jika ponsel agan ternyata belum memiliki fitur-fitur canggih tersebut? (ane ga bilang ponsel agan jelek atau jadul ya. Hehehe).



Ga perlu khawatir gan, kali ini ane bakal nge-share, tips dan trik menyelamatkan ponsel yang terkena air. Masalah ponsel agan hasilnya bisa nyala lagi atau nggak, itu urusan ke 12. hehee. Yaaa, seenggaknya kita sudah berusaha sebaik mungkin untuk ponsel kesayangan kita . :*



Artikel ini lebih ditujukan untuk ponsel dengan jenis batre removable atau jenis batre bisa dilepas. Alasannya karena ponsel dengan jenis batre non-removable adalah ponsel keluaran terbaru, sehingga sebagian vendor ponsel tersebut sudah menanamkan fitur anti air. Tapi tidak ada salahnya jika agan ngalamin kejadian seperti di atas dan melakukan tips dan trik ini.



Okey, langsung aja gan. Langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan ponsel akibat nyemplung kedalam air.





1. Shutdown



Langkah pertama yang perlu agan ingat dan lakukan adalah mematikan ponsel agan secepat mungkin. Ane nyaranin kalau ponsel agan masih bisa nyala, segera cabut langsung batre ponsel agan. Cara ini dilakukan untuk menghentikan sumber daya batre sebelum air membasahi komponen-komponen ponsel, yang bisa membuat hubungan arus pendek (konsleting).







2. Keringkan



Jika ponsel sudah dimatikan, keringkan segera bagian luar ponsel. Agan bisa menggunakan handuk halus seperti kain flanel pembersih kaca mata. Bersihkan port-port ponsel yang bisa terjangkau, seperti port charger, port earphone, slot sim card dan memory card, speaker serta microphone.





3. Siapkan Beras atau Silica Gel



Sudah bukan rahasia lagi, jika ternyata beras bisa menyerap cairan dengan cepat. Mungkin karena sifatnya beras yang kering dan mempunyai serbuk-serbuk lembut, sehingga cairan bisa dengan cepat terserap. Masukan ponsel kedalam kantong rapat yang berisi beras, cara ini bertujuan untuk menyerap kelembapan yang disebabkan air yang sudah membasahi ponsel. Atau jika anda mempunyai silica gel (penyerap kelembaban) dalam sebuah kantong, silica gel bisa agan dapetinan biasanya dalam kemasan sepatu baru atau botol berisi obat tablet.





4. Biarkan Selama 3 hari 3 malam



Memang waktu ini lumayan lama, tapi durasi waktu tersebut dibutuhkan agar air yang masuk dalam ponsel sudah benar-benar hilang.





5. Nyalakan



Jika agan sudah melakukan langkah-langkah diatas dengan benar dan teilit, ponsel agan bisa kembali beroperasi dengan normal.



Walaupun begitu, tips yang ane sebutkan tadi, tergantung dari kesempatan dan keberuntungan. Yang paling penting adalah agan menyelamatkan ponsel itu secepat mungkin dan mematikannya sebelum air merusak komponen dalam ponsel.



Kalau ponsel agan berhasil nyala kembali, ada kemungkinan kontak air dengan panel ponsel akan membuat korosi didalamnya. Sehingga agan ga perlu kaget kalau tiba-tiba ponsel agan perlahan-lahan mati. Mungkin sudah waktunya untuk buka dompet agan, agan pergi ke mall, lalu ganti yang baru. Hehehe

Semoga bermanfaat ...




2 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Ponsel yang Jatuh Kedalam Air"

  1. Saya pernah pakai pengering rambut buat ngeringinnya dan Alhamdulillah hp saya nyala kembali 😂

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel