6 Tips Ampuh Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur atau susah tidur pada seseorang saat malam hari. Menurut para ahli, tidur terbaik seseorang terhitung antara 6-8 jam dalam sehari.

Tidur sangatlah penting untuk tubuh kita, sebab orang yang kurang tidur biasanya akan mengalami kondisi tubuh yang kurang fit, lemas, cepat lelah dan ngantuk pada siang hari, maka dari itu Kita harus bisa menjaga pola tidur kita secara teratur supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan pada tubuh Kita.

Insomnia biasanya disebabkan karena kekhawatiran yang berlebihan alias stress dan disebabkan karena salah mengkonsumsi obat dan makanan.



Tetapi apakah ada cara yang mudah untuk mengatasi gejala insomnia?

Tentu saja ada guys dan caranya cukup terbilang mudah untuk mengatsai gejala tersebut dan Anda pun pasti bisa untuk melakukannya.

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi gejala insomnia 


1. Mengurangi Cahaya Yang Berlebihan

Menurut salah satu jurnal kesehatan berasal dari Amerika Serikat, sekitar 40% penduduk Negara tersebut mengalami insomnia atau susah tidur disebabkan karena gemerlap lampu yang berlebihan. Dan survey tersebut juga menyebutkan bahwa 10%  seseorang tidur dengan lampu yang menyala. 

Untuk itu kurangilah menyalakan lampu saat malalm hari jika anda tidak ingin mengalami insomnia. Bila perlu anda  bisa mematikan lampu saat tidur dimalam hari karena akan membuat anda cepat tertidur dan membuat tidur anda menjadi nyenyak.

2. Memilih Kasur Yang Sesuai

Penyebab susah tidur salah satunya bisa disebabkan karena kasur yang tidak sesuai. Anda harus pastikan kasur yang anda gunakan untuk tidur nyaman dan tidak memberikan tekanan berlebih pada bagian tubuh anda. 

Memilih kasur yang nyaman ternyata tidak hanya mampu menghilangkan susah tidur, akan tetapi kasur yang baik dan nyaman sangat baik untuk menopang tulang dan mencegah gangguan pada bagian punggung.

3. Memindahkan Jam Dinding

Keberadaan jam di kamar memang bagus untuk mengingatkan kita akan waktu kapan kita tidur. Tetapi, sekitar 50% orang akan mengalami susah tidur yang disebabkan akibat adanya jam dinding tersebut, karena biasanya suara pada jam dinding cukup keras dan sangat mengganggu pada telinga kita terutama untuk jam dinding yang besar.

Maka dari itu lebih baik kita mengganti jam dinding dengan jam yang berukuran lebih kecil dan kita bisa memindahkan jam dinding ke tempat yang lain supaya tidak mengganggu disaaat kita akan tidur

4. Hindari Alat Elektronik

Dalam keseharian kita tidak akan terlepas dari yang namanya barang elektronik, dan saat tidurpun kita sering meletakkan barang barang elektronik di dalam kamar tidur seperti televisi dan computer maupun laptop. 

Meskipun barang tersebut tidak dinyalakan alat elektronik tersebut tetap menimbulkan gangguan susah tidur dimalam hari.

Tidak hanya computer, televisi maupun laptop, karena sekarang ini masyarakat lebih memilih geadget utuk dibawa bepergian. Dan pada saaat tidurpun biasanya kita sering kali membawa geadet sampai ke kamar mandipun biasanya tetap bermain geadget.

Sebenarnya keberadaan ponsel sangatlah mengganggu, sebab jika ada pesan yang masuk pasti akan berbunyi dan pasti ingin membalas pesan tersebut.

Nah supaya tidurnya tidak terganggu dengan alat elektronik, lebih baik anda menjauhkan gadget anda dan kalau bisa matikan gadget anda supaya waktu tidur anda tidak terganggu dan tidur dengan nyenyak.

5. Menjaga Kerapian

Menjaga kerapian pada kamar tidur juga sangat membantu lho untuk mengurangi insomnia, karena dengan kamar yang tertata rapi kita akan merasa nyaman.

Memang kerapian merupakan hal yang sepele, akan tetapi bagi seorang pria itu hal yang sangat luar biasa. Mungkin seorang pria biasanya akan merasa malas jika merapikan tempat tidur, tetapi tidak bagi kaum wanita yang biasanya sealu menjaga kebersihan dan kerapian, sehinga tempat tersebut menjadi nyaman dan tidak membsoankan.

Menurut beberapa ahli dari Universiti of Havard mengatakan bahw akamar pria yang berantakan membuat mereka lebih beresiko mengalami insomnia sebesar 25% dari masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu kita harus rajin merapikan tempat tidur kita seperti merapikan spray, pakaian dan lain lain.

6. Kurangi Mengkonsumsi Kafein

Makanan yang mengandung kafein seperti kopi. Jelas sekali bahwa kopi merupakan suatu obat saat kita merasakan ngantuk dan banyak orang yang memanfaatkan kopi supaya tidak mengantuk saat bekerja maupun kegiatan lainnya. 

Nah sangat disarankan untuk anda yang mengalami insomnia jangan meminum kopi sebelum anda tidur, karena akan menimbulkan susah tidur.Sebaiknya anda mengkonsumsi kopi sekitar 5 jam sebelum anda tidur pada malam hari.
6 Tips Ampuh Cara Mengatasi Insomnia 6 Tips Ampuh Cara Mengatasi Insomnia Reviewed by Febriana Susi on Sabtu, Oktober 21, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar: